Rabu, 14 Januari 2015

Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id

Berikut adalah jenis-jenis impeller yang digunakan pada pompa ebara.

1. RADIAL IMPELLER

Untuk membantu bentuk sudu-sudu tersebut maka pada setiap radial impeller dilengkapi dengan cover plate pada bagian belakang dan juga kadang-kadang pada bagian depannnya. Cover plate ini juga secara otomatis menimbulkan kerugian akibat gesekan dengan cairan. Untuk memperbaiki dalam hal ini meningkatkan efesiensi atau menurunkan nilai NSPH, impeller harus dibuat beberapa sudu.

Kadang-kadang bentuk radial impeller harus dibuat sedemikian rupa dengan sedikit mungkin jumlah sudunya agar tidak merintangi aliran cairan pada impeller penggunaan khusus seperti untuk memompakan cairan bubur kertas, lumpur, atau cairan yang mengandung benda-benda padat. Untuk mengatasi hal ini, maka dibuat radial impeller yang mempunyai sudu satu, dua, tiga buah saja. Impeller jenis ini juga di sebut impeller saluran (channel impeller).

II.1. Bentuk radial impeller tertutup dan penggunaannya

* Radial impeller dengan sudu dilengkungkan satu kali


Gambar 1. tampak depan dengan menghilangkan cover plate
Penggunaannya : Untuk air bersih dan sedikit kotor


* Radial impeller dengan sudu dilengkungkan dua kali

Gambar 2. Tampak dari depan menghilangkan cover plate
Penggunaannya : Untuk air bersih dan sedikit kotor


pompa ebara yang menggunakan impeller type radial

gambar disamping adalah gambar pompa EBARA type SQPB, dimana pompa tersebut menggunakan impeller type radial.pemakaian pompa SQPB ini untuk Pertanian maupun irigasi







2. MIXED FLOW IMPELLER

Type impleller ini dapat dikatakan sama dengan radial impeller hanya berbeda pada arah alirannya saja. Biasanya impeller ini dipergunakan untuk memompakan cairan dengan kapasitas besar dengan total head yang relatif rendah dibandingkan dengan radial impeller tapi lebih tinggi dari axial impeller. Impeller ini dapat berbentuk terbuka dan tertutup.

* Mixed flow impeller tertutup

Gambar 1. tampak dari depan dengan menghilangkan cover plate
Penggunaanya : ntuk air bersih dan sedikit kotor

* Mixed flow impeller terbuka

Gambar 2. Penggunaannya : Untuk air bersih dan sedikit kotor


pompa ebara yang menggunakan impeller type mixed flow

gambar disamping adalah gambar pompa EBARA type SZ, dimana pompa tersebut menggunakan impeller type mixed flow .pemakaian pompa SQPB ini untuk:

1. Irigation
2. Industrial Use
3. Drainage
4. Shrimp Ponds
5. Flooding











3. AXIAL FLOW IMPELLER / PROPELLER

Axial flow impeller disebut juga propeller dimana dapat dipasang secara tetap atau dapat diubah-ubah ketika pompa dibuka maupun diubah-ubah pada saat pompa tersebut dioperasikan. Pompa dengan impeller ini digunakan untuk memompa cairan dengan kapasitas yang besar tetapi total head yang dicapai relatif rendah. Contoh penggunaan pompa axial impeller ini adalah untuk pompa penanggulangan banjir, pompa irigasi, pompa air pendingin pembangkit tenaga listrik dan lain-lain.

* Axial flow impeller tetap

Gambar 1. Penggunaannya : Untuk air bersih dan air kotor

* Axial flow impeller yang dapat diubah-ubah pada saat pompa dibuka
* Axial flow impeller yang dapat diubah-ubah pada saat pompa beroperasi


type pompa ebara yang menggunakan axial flow impeller
gambar disamping adalah gambar pompa EBARA type SZ, dimana pompa tersebut menggunakan impeller type mixed flow .pemakaian pompa SQPB ini untuk:
1. Water suplay
2. Hot and Cold water circulation
3. Air Conditioning
4. Irrigation
5. Industrial Use













4. SPESIAL IMPELLER

Selain impeller-impeller yang telah di sebutkan diatas ada juga impeller denga type-type khusus.

4.a Non clogging impeller dengan free floe / vortex

Gambar 1. Penggunaannya : Untuk cairan kotor, lumpur, cairan mengandung benda-benda padat yang cukup besar, serat yang panjang, juga untuk cairan yang mengandung gas.


jenis pompa ebara type DL yang menggunakan non clogging impeller
gambar disamping adalah gambar pompa EBARA type DL , dimana pompa tersebut menggunakan impeller type  non clogging impeller .pemakaian pompa DL submersible  ini untuk:
1. sewage
2. waste water
3. Sumpit

Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id - Hallo para pembaca blog pompa industri Distributor Pompa Industri | Penjualan, Perbaikan dan Pemasangan Pompa Industri, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Self Priming Pump, Artikel submersible, semoga yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id
link : Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id

Baca juga


Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id



Demikianlah Artikel Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id

Cukup sekian artikel Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pompa Industri | Type impeller pompa dan penggunaannya pada pompa EBARA | pompaindustri.co.id dengan alamat link https://jualpompaindustrimurah.blogspot.com/2015/01/pompa-industri-type-impeller.html